BIDANG GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM GIS

MATERI BIMTEK PERIODE
2024

Geographic Information System (GIS) disebut juga sebagai Sistem Informasi Geografis (SIG). Secara umum, GIS merupakan suatu sistem yang terdiri komponen-komponen yang bekerja bersama secara efektif. Dari memasukan, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengelola, memanipulasi, mengintegrasikan, menganalisa dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis geografis. Menurut Dr. I Putu Santikayasa, Pakar GIS, yang membedakan antara GIS dengan sistem informasi lainnya terletak pada penggunaan datanya. GIS menggunakan data yang berbasis spasial yaitu sebuah data yang berorientasi geografi, memiliki sistem koordinat tertentu sebagai dasar referensinya. Data spasial untuk GIS dapat diperoleh melalui peta analog, data sistem penginderaan jauh, data hasil pengukuran lapang, dan data GPS.

GIS tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya campur tangan manusia untuk mengelola sistem dan membangun perencanaan yang dapat diaplikasikan sesuai kondisi dunia nyata. Komponen sumberdaya manusia bertugas untuk pengumpulan, proses, analisis dan publikasi data geografis.

Penyajian Materi Akan di Sampaikan Oleh Narasumber/Pengajar Yang Berpengalaman dan Memiliki Kompetensi sesuai subtansi Bimtek : 

1. BIMTEK MANAJEMEN RESIKO BENCANA MELALUI APLIKASI (ARC GIS).
2. BIMTEK PROGRAM GIS (GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM) PERTANIAN.
3. BIMTEK PROGRAM GIS (GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM) PERIKANAN & KELAUTAN.
4. BIMTEK PROGRAM GIS (GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM) PEMETAAN JALAN.
5. BIMTEK GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS) TINGKAT DASAR.
6. BIMTEK PROGRAM GIS (GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM) PERTANAHAN.
7. BIMTEK PROGRAM GIS (GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM) KEPENDUDUKAN.
8. BIMTEK PROGRAM GIS (GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM) PERTAMBANGAN.

TANGGAL & TEMPAT PELAKSANAAN BIMBINGAN TEKNIS
DI BAWAH INI :

"
MENU BIMTEK LPPM